Minggu, 16 Oktober 2016

Film INSIDE OUT - Bahkan 'Kesedihan' Sekalipun Diciptakan Dengan Maksud

·                     TENTANG FILM
Sutradara               : Pete Docter
Produser                : Jonas Rivera
Skenario                : Pete Docter
                  Meg LeFauve
                                  Josh Cooley
Cerita                     : Pete Docter
                                 Ronnie del Carmen
Musik                    : Michael Giacchino
Tanggal rilis         : 18 Mei 2015 (Festival Film Cannes)
                                19 Juni 2015 (Amerika Serikat)
Durasi                    : 1 jam 34 menit
Negara                   : Amerika Serikat
Bahasa                    : Bahasa Inggris

·                     PENGISI SUARA
1.    Amy Poehler sebagai Joy (karakter ceria)
2.    Phyllis Smith sebagai Sadness (karakter sedih)
3.    Bill Hader sebagai Fear (karakter takut)
4.    Lewis Black sebagai Anger (karakter marah)
5.    Mindy Kaling sebagai Disgust (karakter jijik)
6.    Kaitlyn Dias sebagai Riley Andersen
7.    Kyle MacLachlan sebagai Bill Andersen, ayah Riley
8.    Diane Lane sebagai Jill Andersen, ibu Riley
9.    Richard Kind sebagai Bingbong

·                     PLOT
Penasaran dengan apa yang sebenarnya ada di kepala manusia , apa isinya ?? apa yang membuat mereka bertindak dan berexpresi tampak begitu seperti apa yang kita bisa lihat?? .. bagaimana mereka bisa terihat sangat riang , penuh suka cita , bagaimana dengan di waktu yang lain saat mereka terlihat begitu sedih , bagaimana dengan kemudian mereka menjadi takut, dan  bagaimana mereka bisa sangat jijik terhadap sesuatu , dan juga bagaimana mereka bisa sangat marah?? .. adakah yang mengontrol?? adakah yang mengatur pikiran meerka ??Jelas adaaa ..
Tapi , alih2 berfikir rumit tentang bagaimana apa yang disebut pikiran ini dijalankan , mari sedikit berimajenasi ..
Bayangkan di masing masing kepala kita ada ruang kontrol , seperti stasiun kendali , tempat yang dimanifes oleh berbagai emosi .. yaitu emosi suka cita, emosi sedih, takut, marah .. dan apa yang para emosi itu lakukan sebagai respon dari lingkungan adalah apa yang bisa kita lihat sebagai tindakan dan expresi seseorang ..

Well 
Itu lah yang sekiranya diceritakan di film INSIDE OUT ini ,
Film fantasi tentang para emosi di ruang kendali seorang anak bernama Riley Andersen  ,.

Si Joy ( kegembiraan ) emosi suka cita, Fear ( ketakutan ) emosi menjaga Riley tetap aman dari bahaya, Disgust ( jijik ) menjaga Riley dari hal2 yang bersifat menjijikan baik social maupun fisik, Anger ( kemarahan ) membantu Riley dari ketidakadilan dan si Sadness ( kesedihan ) emisi yang pada awal cerita tidak diketahui fungsinya ..
       Para emosi itu tinggal di satu Markas besar yang terletak di pikiran Riley, di mana mereka mengatur keadaan Riley dalam bertindak sebagai respon dari lingkungannya dan kemudian menjadikannya apa yang dialami sebagai sebuah kenangan / memory ..
Kenangan kenangan yang terbentuk itu berbentuk bola2 berwarna , dengan warna yang mewakili para emosi, Joy dengan bola kenangan warna kuning, Fear warna ungu, Disgust warna hijau, Anger warna merah dan Sadness warna biru ..
Saat akan tertidur,  bola kenangan yang tercipta dalam satu hari tersebut akan disimpan di rak2 kenangan, di dalam labirin ingatan jangka panjang, dan untuk kenangan luar biasa yang tercipta akan disimpan di pusat kenangan inti sebagai kenangan inti yang kemudian akan membentuk pulau2 karakter / pulau kepribadian ..
Dan ..
Riley, yang saat itu usianya 11 tahun, di ruang kendali pikirannnya didominasi oleh si Joy, emosi kegembiraan, pun kenangan yang tercipta juga kebanyakan kenangan2 bahagia, termasuk kelima kenangan inti yang membentuk lima pulau karakter Riley, yaitu karakter konyol, karakter gemar olahraga hoki, karakter jujur, karakter persahabatan dan karakter keluarga ..
Riley punya kehidupan yang indah, teman2 yang baik, dan rumah yang indah pula , dia tinggal di satu kota bernama Minnesota .. 
Semuanya terjadi baik2 saja , sampai saat keluarganya pindah ke San Frasisco, setelah sang ayah medapat pekerjaan baru disana ..
Keadaan pun mulai memburuk ,
Berawal dari rumah baru yang tidak sesuai dengan yang diharapkan , sang ayah yang mulai sibuk dengan pekerjaan barunya,  kedai pizza yang hanya menjual satu jenis toping brokoli saja dan Riley membencinya, kemudian truk barang2 mereka yang tersesat di texas sampe akhirnya Riley harus tidur di sleepingbag ,.. 

Waaauw

  Ruang kendali mulai kacau , ditambah dengan si Sadness yang saat itu seringkali menyentuh bola2 kenangan, yang menyebabkan berubahnya kenangan dari kenangan apapun menjadi kenangan sedih ..
Joy mencoba menjauhkan Sadness dari ruang control, tapi, pada hari pertama masuk ke sekolah baru, Riley yang saat itu diminta berbicara didepan diruang kelas, dengan sengaja si Sadness malah menyentuh kenangan bahagia yang sedang diputar, alhasil Riley bertindak sedih dan menangis didepan kelas nya, atas kejadian ini kenangan yang tercipta adalah kenangan inti.. Itu adalah kenangan inti pertama yang dibuat dari emosi kesedihan / Sadness,  si Joy tidak mengizinkan itu terjadi, Joy  mencoba menghalangi bola kenangan biru yang tercipta tadi agar tidak masuk ke konsul kenangan inti, Joy berusaha membuangnya, tapi si Sadness menghalangi, kemudian keduanya memperebutkan kenangan inti biru tersebut, saat itu tidak sengaja Joy menjatuhkan kenangan 2 inti lain di consul kenangan inti, hal ini menonaktifkan pulau kepribadian Riley dan membuat Riley dalam ketidakstabilan emosional..
Emosi Joy berusaha mengembalikan kenangan2 inti yang berjatuhan tadi, kemudian dia, emosi Sadness, dan kenangan inti yang dipegang malah tersedot keluar dari markas control melalui tabung memory mengarah kelabirin ingatan jangka panjang .
Anger, Disgust dan Fear yang masih tersisa di markas control, berusaha untuk menggantikan posisi emosi Joy sepeninggalnya , mereka berusaha untuk mempertahankan keadaan emosional Riley, dan sementara itu emosi Joy dan Sadness yang terlempar ke luar markas kontrol berusaha untuk kembali ke markas control ..
Dalam perjalan kembali ke markas, emosi Joy dan Sadness bertemu dengan Bingbong, Bingbong adalah karakter imajenasi masa kecil Riley, dengan bantuan Bingbong ini Joy dan Sadness berusaha kembali ke markas, ketiganya mencari stasiun pemberentian kereta pemikiran, ketiganya hedak menuju markas control dengan menggunakan kereta pemikiran ini, sayangnya saat itu Riley tiba2 tertidur dan kereta pemikiran tidak difungsikan saat Riley dalam posisi tertidur, alhasil Joy, Sadness dan Bingbong berusaha membuat Riley terbangung dengan memanfaatkan Ruang mimpi, dan dengan menggiring Sang Badut berulah di ruang mimpi, Riley pun terbangun karena mimpi yang menggagetkannya ini ..
Kereta pemikiran pun kembali berfungsi, Joy, Sadness dan Bingbong berhasil menumpang kereta pemikiran ini, tapi sayang disayang, kereta pemikiran harus terjatuh di tengah perjalananannya karena terkena reruntuhan pulau bentuk dari karakter kejujuran, pulau kejujuran ini runtuh akibat dari ketiga emosi yang tersisa yaitu Anger, Disgust dan Fear yang menyisipkan ide di ruang control bahwasanya Riley harus kabur dari rumah barunya  dan kembali ke tempat tinggal lama nya untuk mengciptakan kenangan2 inti baru sebagai ganti atas kenangan inti lama yang nonaktif  tadi .. Ide atas tindakan Riley yang mencuri kartu kredit dari dompet ibu nya ini yang membuat karakter kejujuran Riley memudar dan mengakibatkan Pulau karakter kejujuran  pun runtuh . 
Tinggal tersisa satu pulau karakter yaitu karakter Keluarga, setelah empat pulau karakter yang lain nya juga runtuh . Emosi Joy berusaha untuk kembali ke markas control melewati pulau karakter keluarga ini, namun lagi lagi karena ide tindakan Riley kabur dari rumah, dan atas tindakan Riley tidak mengangkat telfon dari orang tua nya saat berada di bis perjalanan menuju ke Minnesota, karakter Keluarga Riley memudar dan perlahan Pulau keluarga pun mulai goyah  ..
Kemudian disaat pulau mulai akan runtuh, Joy menemukan tabung pengingat yang kebetulan terhubung dengan ruang markas, Joy berfikir untuk kembali ke ruang markas dengan menggunakan tabung ini . Dibawah, dilihatnya si Sadness, Joy berfikir, Sadness hanya akan menambah kesedian untuk Riley, jadi ditinggallah Sadness bersama Bingbong sementara Si Joy mengunci tabung penginggat untuk dirinya sendiri ..
Tapi karena pulau keluarga yang mulai hancur dan runtuh ini, tabung yang dikendarai Joy ini pecah dan terjatuh ke dump memory, tempat sampah untuk kenangan2 yang mulai dilupakan, Bingbong yang berusaha menolong Joy malah ikut terjatuh juga. Keduanya akan memudar, hilang dan artinya akan terlupakan bila terus berada dump memory ..
Disaat sedang sedih meratapi Riley yang akan kehilangan masa keceriannya, Joy menemukan satu kenangan sedih, yang berisikan kenangan keputusasaan Riley saat kalah pada permainan hoki di masa kecil nya, dan alangkah terkejut si Joy saat kenangan sedih itu berubah menjadi kenangan kebagiaan, saat Riley mendapatkan support dan terhibur oleh kedua orang tua dan tim hokinya  .. disinilah emosi Joy menyadari, bahwa si Sadness, sang emosi kesedihan ini berguna untuk membantu Riley mengungkapkan kepada lingkunganya bahwa dia sedang dalam masa sulit dan membutuhkan bantuan psikologi berupa support dari lingkungannya ..
Dari sini Joy bertekad untuk kembali ke atas, keluar dari dump memory, berkalikali dia menaiki bola2 kenangan dan gagal, sampe akhirnya Joy berpikir tentang kereta dorong roket yang bisa mendorongnya keluar dari dump memory ini .. Joy dibantu oleh Bingbong akhirnya menemukan kereta roket yang dimaksud dan mencoba naik .. satu kali dua kali tiga kali gagal sampai keatas, sampe akhirnya Joy berhasil naik ke atas setelah Bingbong mengorbankan dirinya karena menyadari berat badannya lah yang membuat kereta roket ini susah mencapai atas ..
Sesampainya diatas, Joy menggunakan berbagai alat di ruang imajenasi untuk kembali ke markas bersama dengan Sadness ..
Ketika sudah berhasil sampai dimarkas, Joy mengizinkan  Sadness untuk memegang kendali atas konsul, Sadness pun berhasil menghapus ide kabur dari pikiran Riley, dan mendorong Riley untuk menghentikan tindakan kabur nya ..
Riley kembali ke rumah, dan dalam tanggisannya, Riley mengakui kepada orang tua nya tentang apa yang dia rasakan atas kehidupan barunya dan merindukan kehidupan lamanya, dari peristiwa ini, munculah satu kenangan inti baru, kenangan inti yang merupakan gabungan dari emosi sedih dan bahagia, dan terbentuklah satu pulau karakter keluarga baru menggantikan pulau keluarga lama yang telah runtuh ..
Setaun kemudian, ruang markas semakin kompleks, dengan pad konsul yang makin luas, menandakan semakin kompleks pula psikologi Riley ..
Para emosi di markas kendali mulai bekerja sama sejak saat itu , mereka bekerja sama dalam mengatur keadaan Riley. Kehidupan Riley mulai membaik dan Riley berhasil beradaptasi dengan lingkungan barunya berkat kerjasama dari para emosi2 ini.  Yaitu Joy ( kegembiraan ), Anger ( kemarahan ), Disgust ( rasa jijik ), Fear ( ketakutan ) dan bahkan  kerjasama dari si Sadness , emosi kesedihan yang awalnya di-underestimate kegunannya ..

Thats all ,
Di ending film nya ditampilkan juga, ruang markas kontrol dan para emosi yang ada didalam pikiran para tokoh yang lain ..
Ayah , Ibu , guru Riley disekolah barunya , bahkan para emosi di ruang kontrol seekor anjing dan kucing ..

Coba tonton :)

XOXO

1 komentar:

Anonim mengatakan...

How do you make money in the casino? - WorkTime
What is the amount of money หาเงินออนไลน์ you can play with? Learn about the various ways you can win at a slot machine and the various ways to make